Biography

Author Picture

Etin Anwar

Etin Anwar, Ph.D. merupakan ilmuwan diaspora Indonesia yang menjadi dosen di Amerika Serikat. Saat ini dia menjabat sebagai Ketua Jurusan Studi Agama dan sekaligus seorang Professor Associate di Hobart and William Smith Colleges, New York. Gelar doktor diraihnya dari Universitas Binghamton, New York, dengan konsentrasi dalam bidang Filsafat, Interpretasi dan Budaya. Etin mendapat gelar Master dari McGill University, Montreal, Kanada dengan konsentrasi pada bidang Studi Islam. Sebelumnya, Etin belajar di Institut Agama Islam Negeri (sekarang Universitas Islam Negeri) Sunan Gunung Djati, Bandung dan menjadi staf pengajar di Fakultas Ushuluddin.

Etin Anwar telah menulis buku, bab-bab dalam buku editan, serta artikel dalam jurnal internasional. Buku pertama berjudul Gender and Self in Islam (Routledge, 2006) dan dilanjut dengan buku editan bersama Profesor Ali A. Mazrui berjudul The Politics of Gender and the Culture of Sexuality (University Press of America, 2014). Dia juga telah menerbitkan beberapa artikel tentang Ibn Sina, Meister Eckhart, Ibn ‘Arabi, Anti-Americanism, dan gerakan wanita di Indonesia dalam berbagai jurnal ilmiah termasuk Islamic Studies, Islam and Christian-Muslim Relations, dan Hawwa. Dia menulis dua entri: “The Public Role of Women” dan “Harem” untuk Encyclopedia of Islam and the Muslim World yang disunting Richard Martin. Dia difitur dalam sebuah video dokumenter Muslim Women in our Midst: The Path to Understanding dalam seri America at the Crossroads (2006).

Selain kesibukannya sebagai dosen dan penulis, Etin juga memiliki kepedulian yang tinggi terhadap isu-isu keadilan sosial. Dia adalah co-founder One-on-One Friendship yang menawarkan pertukaran budaya secara online.